Latest News

Kanker usus besar setadium 4, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Kanker Usus Besar Setadium 4 

Katanyadokter.com-Kangker Usus besar atau kanker kolorektal termasuk pertumbuhan sel kanker pada usus. Dua organ tersebut berada di bawah sistem pencernaan manusia.Ketika kanker usus besar mencapai setadium 4 itu tandanya kangker menyebar ke organ lain di luar usus.kanker stadium 4 di bagi menjadi 4A,4B dan 4C. jika kanker usus di bagian stadium 4A itu artinya kanker dari usus menyebar ke satu organ di luar usus misalnya lifer sedangkan kanker stadium 4B itu adalah kanker menyebar ke dua organ lain tetapi belum menyear ke jaringan pelapis usus.dan ketika kanker usus mencapai 4C itu artinya  kangker usus menyebar ke organ lain yang jauh dari usus misalnya paru paru da juga menyebar ke jaringan jaringan pelapis perut.

Kanker usus besar setadium 4
Kanker usus besar setadium 4

Gejala kangker Usus Besar Stadium 4 yang kerap dirasakan oleh penderitanya :

  • Sembelit dan diare
  • Badan rasanya lemas atau lemah
  • Buang air besar berdarah dan berwarna merah tua
  • Tidak nafsu makan 
  • Mual dan muntah
  • Perut terasa sakit dan kembung
  • Tinja panjang dan kecil seperti pensil sebab usus terjepit tumor


Ciri-Ciri Penderita Kanker Setadium 4

Ciri ciri kanker stadium 4 juga bisa di bedakan antara penderita satu dan yang lain,tergantung lokasi penyebarnya kanker .

Usus

Jika kanker usus menyebar ke paru paru sebab kanker usus stadium 4 bisa menjangkau jauh hingga paru paru melalui aliran darah  maka penderita akan merasakan dada terasa sakit batuk tak kunjung sembuh,ada darah pada lendir,kesulitan bernafas


Tulang

Apabila kanker kemudian menyebar ke tulang hal itu akan mempengaruhi kekuatan dan kepadatanya kemudian penderita kanker akan merasakan sakit seperti patahtulang,sakit punggung Sebelah kiri dan Kanan atau leher dan kemudian mati rasa di bagian tubuh lainya


Hati

ketika kanker menyebar ke liver dan kronis penderita kanker usus stadium 4 akan mengalami perubahan warna kulit dan putih mata menguning,kaki bengkak,nyeri di perut,gatal,penurunan berat badan dan mudah lelah


Perut

Kanker stadium 4 tidak hanya berkembang di hati paru paru juga tulang akan tetapi sel abnormal kanker stadium 4 juga dapat menyebar ke lapisan perut. Penderita kanker akan merasakan gejala hilang selera makan dan sakit perut


Cara mengobati kanker usus stadium 4 secara medis antara lain :

Oprasi

Salah satu hal medis yang sering di lakukan bagi penderita kangker usus besar adalah operasi dengan cara Pengangkatan usus besar dan jaringan lain di mana letak kanker berkembang namun adapun cara alami dalam mengobati kangker usus bisa di simak pada artikel di bawah ini.


Kemoterapi

Selain operasi anda juga bisa melakukan pengobatan secara berkala seperti kemotrapi ,Mengkonsumsi obat obatan yang berdodsis tinggi yang dapat memperlambat perkembanganya dan membunuh sel kanker


Embolisasi

Penggunaan alat gelombang radio untuk membunuh sel kanker di paru paru agar tidak merusak atau melukai jaringan di sekitarnya


Infus arteri hati

Pemberian obat kemoterapi langsung ke arteri pada hati jika sel kanker menyebar ke organ itu


Terapi radiasi

Menurut para ahli trapi radiasi adalah salah satu jenis terapi yang di sarankan dalam pengobatan kangker usus besar namu Terapi radiasi bersifat sementara hanya untuk mengecilkan ukuran tumor.

Diagniosi kanker sendiri tidak sembarangan tim medis atau dokter akan memberikan pemeriksaan tahapan dan di perlukan tes untuk mendeteksi dan menemukan lokasi  sel kanker. Selain memeriksa tes fisik dan darah dokter juga akan memeriksa tes lain seperti:


  • Tes pencitraan (CT scan dan MRI)
  • Tes ini di lakukan agar dapat melihat apakah kanker telah  menyebar
  • Biopsi  Hal ini di lakukan untuk mengambil sempel jaringan di organ pasien untuk di analisis
  • Uji molekuler Tes ini di gunakan untum membantu mengidentifikasi karaktristik sel tumor
  • Rotgen dada Untuk mendeteksi apakah sel kanker stadium 4 ini menjaukau ke paru paru
  • Kolonoskopi Untuk melihat kondisi rektum


Obat herbal atau cara alami mengobati kanker  usus dan rektum (kolorektal)

Penyakit kanker usus bisa di sembuhkan dengan tindakan medis oprasi atau juga dengan membunuhnya dengan obat obatan. Beberapa ini adalah tanaman herbal ,rempah atau supelmen yang di laporkan studi penelitian untuk membunuh atau mengurangi gejala kanker kolorektal memiliki potensi sebagai obat herbal untuk herbal:


Buah Manggis 

Buah yang satu ini memiliki rasa manis keasaman yang tentunya enak dan kandungan buh ini memiliki aktifitas antioksidan,antikanker dan anti peradangan yang kuat.buah manggis mengandung senyawa gamma mangostin dapat merangsang apoptosis dan ploriferasi sel pada usus manusia selain menjadi buah segar Manfaat buah manggis juga dapat menjadi obat herbal untuk kanker usus besar dan rektum buah manggis juga kaya fiktokimia yang dapat membantu mencegah berkembangnya kanker. Cara mengonsumsinya untuk obat pun sangat mudah Anda bisa langsung memakan buah manggis ini tidak dalam bentuk olahan ataupun jus dan tambahan lainya.


Gingseng merah

Selain manfaat giseng korea yang di percaya sangat baik untuk setamina dan pengobatan Kandugan yang terdapat pada gingseng merah di percaya juga dalam pengobatan kangker, Gingseng merah salah satu rempah yang sangat terkenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya kanker usus besar, penggunaan gingseng merah dapat menurunkan proliferasi sel SW480 setelah masa inkubasi selama 96 jam, proliferasi adalah fase sel saat mengalami pengulangan silkus sel seperti membelah,mati,tumbuh tanpa hambatan, gingseng merah ini dapat mengindukasi apoptosis sel kanker usus besar. Berdasarkan penelitian ekstrak gingseng merah dapat menekan pertumbuhan sel tumor dengan demikian kandungan gingseng merah terdapat kandungan aktif yang dapat mencegah penyebaran sel kangker ke jaringan organ lain. Anda dapat menyajikanya dalam bentuk teh atau supelmen akan tetapi dalam bentuk supelmen Anda konsultasi terlebih dahulu oleh dokter.


Kayu manis 

Tanaman yang di di manfaat kan kayunya dan di ambil kulitnya sebagai penyedap makanan ini memiliki potensi sebagai obat herbal alami kanker, kayu manis memiliki kandungan senyawa cinnamaldehyde yang di ketahui melindungi tikus dari paparan karsinogen atau pemicu kangker melalui detoksifikasi dan perbaikan. Mesti menunjukkan kasiat , penelitian masi terus mendalami efektifitas kayu manis sebagai obat herbal untuk penyakit kanker yang menyerang usus besar dan rektum. Kayu manis pun sangat mudah untuk di olah bisa di seduh menjadi teh juga bisa di buat campuran kue yang Anda buat.


Buah Sirsak

Ekstrak sisak dapat menyerap kedalam darah dan memiliki kemungkinan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, faktanya penggunaan sirsak di terapkan oleh masarakat Indonesia, sebagian yang mengetahuinya percaya dan meminum rebusan daun sirsak untuk obat tradisional kanker, meskipun begitu efektifitas sirsat masi perlu di ujikan kembali. Untuk itu Anda harus lebih hati hati dan jangan gunakan obat ini tanpa ijin dokter yang menangani penyakit atau kondisi Anda.

Baca Juga:


Kopi

Dalam penelitian studi mengumpulkan 1000 pasien kolorektal stadium 3 yang menjalani oprasi di berikan 4 cangkir kopi setiap hari sekitar (460 mg kafein) selama satu tahun, pasien menunjukkan 42% lebih kecil untuk kembali kambuh di bandingkan pasien yang tidak minum kopi. Setelah itu kemudian penelitian mengamati pasien yang sel kanker nya telah menyebar ke area kelenjar getah bening di dekat tumor tidak menunjukkan tanda tanda metastatatis lebih lanjut. Penelitian menemukan bahwa efek menguntungkan dari kopi berasal dari kafein. Ada yang berpendapat bahwa mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin senhingga dapat mengurangi peradangan dan mungkinjuga dapat mempengaruhi perkembangan sel kangker.

0 Response to " Kanker usus besar setadium 4, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati"