Latest News

Waspadai Tanda dan Gejala Penyakit Kelenjar Tiroid Dengan Cepat

Waspadai Tanda dan Gejala Penyakit Kelenjar Tiroid Dengan Cepat

katanyadokter.com-Tiroid adalah salah satu kelenjar yang terletak di leher bagian bawah yang berbentuk kupu kupu yang dapat menghasilkan hormon untuk pengatur metabolisme yang berperan penting pada setiap sel ,jaringan dan organ dalam tubuh. Tiroid lebih cenderung menimpah kaum wanita dibandingkan golongan pria. Kebanyakan masalah penyakit tiroid akan berlangsung seumur hidup, namun bisa di kelola dengan mudah hanya menjaga pola makan dan mengubah gaya hidup, gangguan tiroid yang umum di derita adalah hipertiroidisme,nodul tiroid dan tiroiditis, jika tidak segera ditangan atau di biarkan bisa mempengaruhi metabolisme dan dapat meningkatkan risiko penyakit Kardiovaskuler,inferilitas dan osteoporosis. Hal yang harus di ketauhi dari Tiroid adalah ciri ciri penyakit tiroid, gejala tiroid,fungsi kelenjar tiroid,gangguan tiroid,penyakit kelenjar tiroid,kangker tiroid,Hipotiroid,dan Hipertiroid.

Waspadai Tanda dan Gejala Penyakit Kelenjar Tiroid Dengan cepat
Waspadai Tanda dan Gejala Penyakit Kelenjar Tiroid Dengan Cepat

Penyakit kelenjar Tiroid ,Penyakit tiroid terjadi ketika kelenjar tiroid mengalami perubahan bentuk,atau memproduksi lebih banyak atau sedikit hormon tiroid.jika nampak berbeda atau muncul benjolan di leher Anda maka Anda wajib waspada dan segera mencari solisi atau menghubungi dokter.


Cara Mengecilkan Kelenjar Tiroid 

Meningkatkan jumblah asupan iodium,iodium merupakan salah satu bahan kandungan dasar yang di butuhkan oleh manusia,iodium masuk kedalam jajaran mikro molekul bagi tubuh, iodium dapat dipenuhi dari makanan atau supelmen tertentu. Makanan yang mengandung iodium salah satunya rumputlaut,salmon,tuna. Dan takaran untuk orang dewasa adalah 150 mikrogram perhari.Mengonsumsi obat obatan ,dengan mengonsumsi obat levothyroxsine bisa mengatasi hipertiroidisme dan sering kali mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid.Melakukan pengobatan yodium radiyoaktif, pengobatan ini dapat menghancurkan beberapa sel kelenjar tiroid agar tidak menghasilkan jumblah hormon tiroid dalam jumblah besar.kemungkinan hipertiroid  akan hilang secara tahapan sekitar 2 minggu setelah pengobatan.


Gejala Kelenjar tiroid 

Muncul pembengkakan di pangkal leher yang bisa tampak jelas di saat berdandan atau mencukur,sering merasa cemas dan mudah marah , perasaan gugup dan sering gemetar ,tidak tahan panas dan kringat bercucur,sulit tidur dan penurunan berat badan secara drastis.jika Anda merasakan sedikit berbeda di area kelenjar tiroid Anda sebaiknya mencari solusi dan konsultasikan kepada dokter selain itu Anda sering merasa cemas dan mudah marah dan perasaan gugub itu bisa jadi salah satunya tanda penyakit tiroid atau kelenjar tiroid Anda sedang tidak sehat,waspadai hal hal kecil yang Anda fikir sepele karna itu bisa membahayakan kesehatan Anda sendiri.susah tidur dan menimbulkan penurunan berat badan secara drastispun wajib kita waspadai karna sebagian besar penyakit bisa di timbulkan kurangnya tidur atau istirahat dan penurunan berat badan secara drastis itu juga termasuk gejala tiroid. 


Fungsi kelenjar tiroid

Fungsi tiroid adalah untuk mengatur hormon yang dapat mengatur kecepatan metabolisme di dalam tubuh manusia kemudian kelenjar tiroid sangat berperan penting bagi organ tubuh karena kelenjar tiroid mempengaruhi proses penting  vital di dalam tubuh.proses  penting didaalam tubuh,diantaranya seperti: Laju pernafasan sesesorang,curah jantung dan peningkatan denyut jantung seseorang. Jika kita semua sudah mengetahui pentingnya fungsi tiroid di dalam tubuh, kita sebaiknya menjaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit tiroid khusus nya bagi kaum wanita yang terkadang tidak sadar akan penyakit tirod karena ciri ciri penyakit ini hampir mirip dengan Menopause atau tanda tanda kehamilan awal.


Efek Tiroid Terlalu Aktif

Yang pertama salah satunya Hipotiroid,Hipetiroid adalah dimana sebuh kelenjar kurang aktif dan menimbulkan hormon kurang dari yang di butuhkan tubuh atau kelenjar yang kurang aktif sehingga menghasilkan  hormon yang jumblah nya kurang dari kebutuhan tubuh.Nodul tiroid adalah gumpalan yang terbentuk di dalam tiroid , gumpalan ini belum di ketahui penyebabnya namun ini salah satu gangguan tiroid yang perlu di waspadai,karna gumpala ini bisa memicu hipertiroidisme.Goiter, goiter adalah pembesaran tiroid yang menimbulkan pembengkakan pada bagian depan leher.Hipertiroid, Hipertiroid adalah kelenjar yang terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon yang berlebihan untuk tubuh atau hormon yang jumblahnya melebihi yang di butuhkan oleh tubuh.kangker tiroid pembesaran tiroid juga bisa di sebabkan oleh sel kangker,Tiroditis adalah peradangan yang dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan di area kelenjar tiroid.


Ciri  Gejala Penyakit Kelenjar Tiroid


Kelelahan

Pada fase ini bisanya seseorang yang menderita penyakit kelenjar teroid tidak terlalu terlihat jelas maka dari itu kita bisa cek dari segi tubuh kita,biasanya seseorang yang memiliki gaguan penyakit teroid ini sering kali merasa lelah walaupun dia sudah beristirahat selama 24 jam penuh,saat malam biasanya seseorang yang memiliki penyakit teroid ini akan mengalami Insomnia atau susah tidur


Perubahan Berat Badan 

Dari segi berat badan dapat di bedakan 2 golongan  jenis teroid yang pertama di jelaskan bahwasanya hipotiroid adalah menurunya metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih dan di fase ini sangat sulit untuk menurunkan berat badan di karenakan kelenjar teroid yang kurang aktif.sedangkan yang ke dua hipertiroidisme justru kebalikan dari hipotiroid gejala yang terjadi adalah meningktanya metabolisme tubuh sehingga kalori yang dibakar lebih signifikan sehingga menyababkan tubuh kurus.


Nyeri Otot dan Sendi

Walapun tidak beraktifitas dengan exstra gejala teroid ini dapat kita ketahui dari rasa nyeri di bagian otot dan sendi rasa nyering yang di alami juga memiliki fariasi sehingga sangat menggangu aktifitas kerja.


Benjolan di Leher

Sudah tidak asing lagi memang penyakit teroid ini sangat jelas gejala yang signifikan adalah benjolan yang menonjol di leher kalo di lihat seperti gondok hal ini di akibatkan oleh pembengkakkan kelenjar teroid ,biasaya hal ini juga di imbangi dengan rasa nyeri .


Perubahan Rambut Kulit

Keseimbangan tubuh dan metabolisme yang tidak normal dapat menyebabkan beberapa faktor dari segi penyakit teroid ini salah satunya adalah rambut mulai rontok,rambut kering kulit terlihat kering dan busik.


Gangguan Pencernaan

Seperti yang saya sudah di jelakan di atas bahwa ada 2 yang pertama hipotiroid metabolisme yang kurang baik menimbulkan efek buruk bagi penceraan sehingga berdampak pada susahnya buang air besar,sedangkan hipertiroidisme seringnya buang air besar sehingga seperti diare hal ini yang sering membuat tubuh lemas dan cepat kurus karena kurangnya cairan tubuh.


Depresi

Suasan hati yang tidak setabil membuat penderita mengalami defresi yang sangat buruk jaringan metabolisme tubuh akan secara tidak langsung merespon tubuh dan dapat menurunkan kekebalan tubuh kita,mungkin tidak hanya penyakit teroid ini mungkin semuah penyakit akan datang kepada kita jika kita memiliki suasana hati yang sering galu atau (gak mut)maka dari itu terkadang kesehatan bisa datang dari suasana hati yang bahagia.

Baca Juga:


Jantung Berdebar Debar

Rasa cemas dan gelisah biasanya sering kali di alami bagi penderita teroid ini sehingga sering kali merasakan jantung berdebar debar biasanya juga terjadi setiap hari.dalam istilah medis di sebut takikardia yang berarti hormon tiroid yang berlebih.


Keringat Berlebih

Suhu tubuh yang tinggi penyebab kringat yang berlebih hal ini terjadi di akibatkan sel tiroid yang menjadi aktif atau kelibihan hormon.sedangkan bagi penderita hipotiroidisme justru bedampak sebaliknya mereka akan mengalmi hal seperti suhu tubuh terasa dingin (menggigil),hal ini di sebabkan oleh kurang aktifnya tiroid sehingga pembakaran tubuh lebih sedikit energi. 

0 Response to "Waspadai Tanda dan Gejala Penyakit Kelenjar Tiroid Dengan Cepat"