Latest News

Manfaat Olahraga futsal Bagi Kesehatan

Manfaat Olaharaga futsal Bagi Kesehatan 


katanyadokter.com-Manfaat Olahraga futsal Bagi Kesehatan-Futsal adlah olahraga yang menyerupai sepak bola, jika dalam sepak bola seluruh pemain bias mencapai sebelas orang, sedangkan dalam futsal para pemain hanya diwajibkan lima orang. Pada dasarnya kedua olahraga ini memiliki peraturan yang sama layaknya sepak bola hanya saja sepak bola menggunakan lapangan yang luas menggunakan rumput pada lantainya. Berbeda dengan futsal olahraga ini sering dilakukan didalam ruangan yan memiliki diameter yang jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan lapanan sepak bola.
Manfaat Olahraga futsal Bagi Kesehatan
Manfaat Olahraga futsal Bagi Kesehatan 

Olahraga futsal ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Spanyol. Bangsa Spanyol menyebutnya dengan sebutan futsal karena gabungan dari kata futbol dan sala yang berarti sepak bola dan ruangan. Maka jelas sudah mengapa futsal menggunakan sebuah ruangan yang besarnya seperempat dari lapangan asli sepak bola. Futsal sendiri memiliki banyak peminat dikalangan remaja dan anak anak, di Inonesia futsal merupakan jenis olahraga indoor yang paling banyak diminati.


Futsal dan sepak bola merupakan olahraga bagi laki laki, tetapi tidak dipungkiri kini para wanita juga tertarik dengan olahraga indoor ini. Selain untuk menjaga kondisi tubuh olahraga futsal memiliki banyak manfaatnya. Melakukan olahraga bersama sahabat adalah cara terbaik untuk mengatasi kebosanan, dengan berolahraga kita akan merasa diri kita menjadi plong, gembira dan yang paling penting adalah sehat untuk tubuh.


Berikut Adalah Manfaat Olaharaga futsal Bagi Kesehatan 


1.Melatih kreativitas

Ruangan yang sempit sehingga msulit mendapatkan ruang gerak yang bebas membuat para pemain futsal selalu mencari pergerakan agar dapat mencetak gol, karena hal itulah seorang pemain futsal harus memiliki kreativitas agar mendapatkan kemenangan dari lawannya dengan cara mencetak gol. Kreativitas yang tinggi diperlukan dalam bermain futsal, jika tidak para pemain akan sulit untuk mencetak gol. Kretivitas itulah yang mengasah otak kanan selalu bekerja dengan ektra sehingga muncul ide ide kreatif lainnya.


2.Quick thinking (kecepatan berfikir)

Kecepatan berfikir sangat diperlukan dalam permainan futsal bagi seorang pemain. Kecepatan berfikir akan menguntungkan team dalam bermain, jika lambat dalam berfikir mustahil akan melewati para pemain lawan dengan mudah. Bermain futsal memerlukan sebuah improvisasi terhadap pemain lainnya dengan cepat serta membuat taktik jitu agar dapat mencetak gol. Hasil quick thinking (kecepatan berfikir) sangat membantu kita pada saat mengambil keputusan baik didalam lapangan atau diluar lapangan sehingga mampu mengatasi suatu masalah degan cepat dan tepat.


3.Melatih kekompakan

Olahraga futsal yang dimainkan oleh 5 orang ini harus selalu kompak, menjaga kekompakan dalam sebuah team sangat diperlukan untuk bisa menguasai pertandingan. Sebuah team yang solid akan merepotkan lawan dan akan selalu mendapatkan kemenangan disetiap pertandingannya dengan kata lain, sebuah team hebat sekalipun jika tidak menjaga kekompakan mustahil bagi mereka mendapat kemenangan. Bermain futsal memang terlihat mudah jika dilihat, yang dilakukan hanyalah menendang menghadang dan menciptakan gol, meskipun seperti itu tetaplah harus memiliki skil yang cukup dalam bermain futsal.


4.Menjaga dan menambah kebugaran tubuh

Olahraga futsal sama halnya seperti olahraga lainnya yang menyehatkan tubuh dan menjaga kebugaran tubuh jika dilakukan secara rutin. Meskipun sehat bagi tubuh, bermain futsal juga tetaplah memiliki batasan, jika hal itu diabaikan bukanlah sehat yang akan kita dapatkan melainkan cedera. Setidaknya lakukan olahraga di pagi hari selama 30 sampai 1 jam setiap hari jika terlalu lama berolahraga itu akan membuang energy yang telah dikumpulkan tubuh di waktu 30-1 jam tersebut..


5.Menghilangkan strees

Bagaimana sebenarnya cara untuk menghilangkan strees itu? Banyak cara untuk menghilangkan stress dengan cara berlibur, tidur, dan olahraga salah satunya berolahraga futsal. Futsal adalah alternative penghilang rasa stress bagi Anda yang memiliki hobi olahraga. Selain asyik olahraga futsal ini menyehatkan tubuh, menjaga ketabilan otak, mengasah otak kanan, serta melatih daya pikir dengan cepat dan tepat. 


Bukan hanya menghilangkan stress tetapi sebagai ajang latihan otak Anda untuk memulai aktivitas berikutnya. Permasalah pribadai ataupun masalah pekerjaan akan menghilang karena pikiran kita larut dalam permainan futsal, jika olahraga ini secara rutin dilakukan dengan porsi yang sesuai bukan hanya menghilangkan stress saja melainkan dapat mencegah timbulnya stress dalam diri Anda.


6.Membakar kalori

Bermain futsal merupakan cara untuk membakar kalori dalam tubuh, keringat yang keluar dari dalam tubuh merupakan proses pembakaran lemak. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan oleh tubuh maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.


7.Meningkatkan metabolisme tubuh

Keadaan tubuh yang kurang melakukan olahraga menyebabkan system imun melemah. Lemahnya system imun dalam tubuh akan menyeabkan mudahnya tubuh dalam terserang penyakit jika terlalu lama dibiarkan tubuh akan semakin melemah. Untuk mengatasinya lakukan kegiatan fisik secara rutin, kondisi fisik yang bugar memberikan efek positif bagi metabolism tubuh.


8.Memperlancar sirkulasi darah

Bermain futsal sudah banyak diketahui dalam memberikan manfaat fisik dan tubuh, selain itu ada lagi manfaat bermain futsal yang sangat penting untuk diketahui . Bermain futsal dapat meningkatkan  sirkulasi darah dalam tubuh, sirkulasi darah yang lancer tersebut terjadi ketika tubuh melakukan aktivitas fisik seperti bermai n futsal. Tubuh yng bergerak aktif memperlebar pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir keseluruh tubuh tanpa terjadi hambatan.


9. Mengatasi berat badan

Berat badan yang berlebihan terjadi akibat penumpukan lemak yang terjadi dalam tubuh. Berat badan sendiri bias diatasi dengan program diet, tetapi diet saja belum cukup untu mengatasinya sebaiknya cobalah untuk bermain futsal. Bermain futsal akan dapat membakar lemak 2 kali lebih banyak dari pada hanya melakukan diet saja. Semakin sering bermain futsal maka semakin banyak pula lemak yang diserap keluar.


Baca Juga:


Sudah pahamkah Anda mengenai manfaat yang bisa kita ambil dari bermain futsal? Bermain futsal merupakan olahraga yang memiliki berlipat manfaat bagi kesehatan, bukan hanya kesehatan saja yang bisa dinikmati melainkan cara lain dalam melatih fikiran dan meningkatkan IQ dalam berfikir. Berlatih menciptakan peluang berimpovisai dengan cepat mengambil keputuan yang tepat adalah salah satu dari manfaat yang bisa kita ambil dalam bermain futsal.


Ada banyak manfaat lainnya yang belum kita sendiri belum mengetahuinya. Untuk mengetahui hal tersebut Anda bisa mencarinya sendiri dengan bermain futsal secara rutin. Selain itu jangan pula Anda memaksakan diri untuk selalu bermain futsal, jika kondisi tidak memungkinkan Anda bisa melakukannya dilain waktu.  


Jaga kondisi tubuh dengan baik, lakukan kegiatan fisik secara rutin minimal 30 menit sampai 1 jam setiap harinya, konsumsi makanan bergizi dan bervitamin untuk manjaga stamina tubuh Anda bila perlu cek ke dokter untuk mengecek kondisi tubuh Anda apakah benar benar sudah sehat atau masih dalam kondisi yang kurang sehat.


Sekian dari artikel Manfaat Olahraga futsal Bagi Kesehatan semoga dapat menambah  wawasan dan ilmu kita. salam sehat......

0 Response to "Manfaat Olahraga futsal Bagi Kesehatan "