Latest News

Manfaat Nata De Coco Untuk Ibu Hamil

Manfaat Nata De Coco Untuk Ibu Hamil


katanyadokter.com-Nata de coco merupakan makanan penutup yang berbentuk kotak kecil-kecil berwarna putih, teksturnya seperti jelly yang padat. Kata nata de coco sendiri berasal dari bahasa spanyol yang artinya krim kelapa, awal mula terciptanya nata de coco bukan dari spanyol melainkan dari Filipina. Pada proses pembuatan nata de coco bahan utamanya ialah air kelapa. Pemilihan buah nya pun tidak sembarangan, yakni tidak terlalu tua maupun terlalu muda, hal ini bisa memicu hasil dari nata de coco nantinya. Selain itu ada bakteri bernama Acetobacter xylinum, bakteri ini berperan penting untuk proses fermentasi. Bekerja untuk mengubah kandungan gula menjadi selulosa. Jenis bakteri yang digunakan ini tergolong baik karna bermanfaat dan menguntungkan manusia yaitu membuat nata de coco menjadi makanan berserat dan menyehatkan.
Manfaat Nata De Coco Untuk Ibu Hamil
Manfaat Nata De Coco Untuk Ibu Hamil

Menurut penelitian, kandungan gizi dalam nata de coco hampir terisi air. Sisa nya ada kandungan lain yakni  karbohidrat, kalori, kalsium, lemak, fosfor, dan ferum. Adanya kandungan tambahan lain seperti vitamin dalam nata de coco baik sekali untuk ibu hamil. Vitamin yang berfungsi sebagai peningkatan imunitas berguna untuk melindungi tubuh ibu dan kandungan dari radikal bebas penyakit dan lainya. Untuk saat ini tidak ada larangan bagi ibu hamil mengonsumsi nata de coco, selagi tidak ada riwayat penyakit yang melarang untuk mengonsumsinya. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak harus diperhatikan efeknya, karna nata de coco sulit di cerna oleh manusia ini di disebabkan nata de coco memiliki kandungan serat selulosa. Dibalik itu banyak sekali manfaat dari nata de coco untuk ibu hamil lainya, berikut adalah penjelasanya.


Manfaat Nata De Coco Untuk Ibu Hamil



1.Mencegah konstipasi

Kontipasi atau biasa disebut sembelit merupakan gangguan dalam sistem pencernaan. Penyebab nya bisa dari berbagai hal, misal kekurangan cairan, pola makan tidak sehat, minim berolahraga dan juga efek samping dari pengobatan. Untuk kasus tertentu ganguan konstipasi hal yang wajar dan tidak berbahaya, tapi jika konstipasi ini berlanjut dan berkepanjangan dikhawatirkan komplikasi menjadi ambeien (prolaps rekti). Untuk ibu hamil sendiri konstipasi hal yang mungkin terjadi, ini disebabkan karena produksi hormon  progesteron dalam tubuh meningkat. Pada usia kandunga trimester kedua sampai ketiga biasanya ibu hamil akan mengalaminya. Mengonsumsi nata de coco baik sekali untuk ibu hamil, kaya akan kandungan serat nya membantu ibu  mempermudah buang air besar serta memperlancar proses pencernaan.


2.Meningkatkan kekebalan tubuh

Ibu hamil rentan sekali mengalami sakit, dikarenakan system kekebalan tubuh pada ibu menurun. Tidak ada salahnya ibu untuk mengonsumsi nata de coco, kandungan vitamin B dan C nya bermanfaat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Belum lagi kandungan air yang tinggi cukup membantu kebutuhan air dalam tubuh sehingga ibu tidak mudah lelah. Pasalnya pada masa pertumbuhan janin diiringi dengan meningkatnya hormon progesterone mengakibatkan ibu sering merasa lelah. Pengelolaan untuk dikonsumsi bisa sesuai selera, dapat dicampur pada es atau dimakan secara langsung tidak masalah. Meminum nata de coco  dengan es tidak menimbulkan masalah pada kehamilan, justru membantu ibu dan kandungan agar terhindar dari dehidrasi, jadi aman aman saja untuk ibu mengonsumsi es.


3.Mengatasi asam lambung

Ganguan asam lambung pada ibu hamil kerap kali terjadi, biasanya pada usia kandungan di trisemester akhir kehamilan. Perubahan hormon pada ibu mempengaruhi sistem kerja pencernaan lebih lambat dari biasanya. Selain itu, semakin bertambahnya usia janin maka semakin besar ukuran rahim inilah yang membuat lambung tertekan dan naiknya asam lambung. Konsumsi nata de coco mampu mengatur produksi asam pada lambung. Biasanya nata de coco yang di jual dalam bentuk kemasan juga berisi air kelapa, jika dihidangkan bersamaan dengan nata de coco akan menambah khasiatnya karena air kelapa juga berfungsi untuk mengatasi asam lambung.


Dampak negatif dan positif dari nata de coco

Seperti yang sudah dijelaskan diatas dampak positif nata de coco bagi kesehatan cukup berpengaruh pada ibu hamil. Dosamping itu juga ada sedikit pengaruh negative dari nata de coco ini. Salah satunya dapat menimbulkan penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula dalam darah meningkat. Pada pengonsumsian nata de coco banyak orang mencampuri nya dengan sirup atau pemanis tambahan lainya. Hal ini yang memicu tubuh memproduksi gula dalam darah berlebih. Nata de coco yang tinggi seratnya juga bisa berujung terjadinya kembung, diare , dan penumpukan gas. Apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Untuk itu harus diperhatikan sekali dalam pengonsumsianya. Berbanding terbalik dengan hal itu, ada sebagian orang yang melakukan diet, bagus sekali jika mengonsumsi nata de coco.  Kandungan serat yang berlimpah ini akan meberikan rasa kenyang yang cukup lama. Fungsi serat juga membantu tubuh untuk mengontrol lemak, ia bekerja menyerap serta mengurangi lemak yang berlebih. Dengan begitu, secara tidak langsung nata de coco dapat mengatasi penyakit kolesterol.
Baca Juga:

Cara membuat nata de coco

Saat ini banyak sekali nata de coco dijual dalam bentuk kemasan, selain mudah di cari, penggunaanya pun praktis. Biasanya di dalam nata de coco kemasan sudah banyak varian rasa dan bentuk sehingga orang lebih tertarik umtuk beli secara langsung. Apalagi umur simpan nata de coco kemasan lebih lama dibandingkan nata de coco yang dibuat sendiri. Alangkah baiknya jika kita bisa membuat nata de coco secara alami, lebih sehat dan tentunya lebih aman. Berikut adalah cara membuat nata de coco.

Bahan :

  • 1 ltr air kelapa
  • 10 ml asam cuka
  • 10 ml biit nata de coco (bakteri acetobacter xylinum)
  • 1 gr. Urea
  • 100 gr gula


Langkah membuat nata de coco : 



1.rebus air kelapa yang sudah di saring

2.tambahkan gula kedalam rebusan air kelapa yang telah mendidih. Setelah mendidih matikan kompor.

3. masukan asam cuka ke dalam rebusan air kelapa, ukur menggunakan kertas lakmus sampai keasaman 4,5 

4. tuangkan bibit nata, dan aduk kembali sampai merata

5. setelah semuanya tercampur, tuangkan rebusan air nata de coco ke dalam wadah atau baskom, tak lupa tutup nata de coco  menggunakan koran lalu diikita dengan rapat

6. memerlukan waktu 14 hari agar nata de coco mengeras

7. setelah mengeras, angkat nata de coco kemudian cuci hingga bersih. Rendam kembali nata de coco selama 3 hari dengan syarat air harus dig anti setiap hari

8. jika nata de coco sudah terlihat padat dan mengeras, rebus lagi dengan tambahan gula. Ini bertujuan agar nata de coco menjadi lebih kenyal dan manis

9. dinginkan nata de coco lalu potong seperti yang diinginkan.

10. nata de coco siap di sajikan, bisa ditambahkan sirup atau es sesuai selera.
 

0 Response to "Manfaat Nata De Coco Untuk Ibu Hamil"