Latest News

Penyebab Gigi Bolong dan Bau Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Penyebab Gigi Bolong dan Bau Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

katanyadokter.com-gigi bolong dan bau adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan luar gigi.Kondisi ini disebabkan karena sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kesehatan mulut,selain makan makanan manis gigi  bolong dan bau juga di sebabkan karena kurangnya merawat gigi atau tidak menggosok gigi.mulut adalah organ yang sangat penting di dalam nya terdapat gigi,gusi dan lidah yang harus di rawat dan di jaga karna itu sangat mendukung sistem pencernaan Anda.Selain gigi ngilu gigi berlubang merupakan keluhan pada gigi yang umum terjadi,baik orang dewasa ataupun anak anak. Kondisi ini sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala atau nyeri di awal.oleh sebab itu pemeriksaan gigi perlu di lakukan secara berkala.
Penyebab Gigi Bolong dan Bau Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak
Penyebab Gigi Bolong dan Bau Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak


Gigi bolong dan bau biasanya terjadi pada 2 kemukinan usia diantara anak-anak hingga di usai tua ,banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan gigi kita bolong dan bau,pada usia anak-anak biasanya terjadi akibat faktor makanan yang terlalu manis dan kurangnya menjaga kebersihan terhadan gigi sedangkan faktor usia tua biasanya terjadi akibat pengikisan luar gigi atau pengeroposan gigi yang banyak di sebabkan oleh enamel yang menipis dan berkurangnya produksi air liur gigi  .



Penyebab Gigi Bolong dan Bau Pada orang Dewasa


Gigi bolong dan bau di sebabkan karena plak gigi atau lapisan yang menempel pada permukaan gigi, plak gigi berasal dari sari makanan yang tidak segera di bersihkan yang mengandung sari gula dan pati. Jika tidak segera di bersihkan makan plak ini akan berubah menjadi asam yang di ubah oleh bakteri alami di dalam mulut.Asam yang di hasilkan oleh plak gigi kemudian akan mengkikis lapisan terluar gigi dan akan membentuk lubang gigi jika di biarka jangka lama bakteri dan asam akan masuk lebih dalam sampai ke pulpa gigi,yaitu bagian gigi yang terdiri dari saraf dan pembulu darah. Faktor gigi bolong dan bau pada orang dewasa:


  • Usia yang sudah tua biasanya enamel yang menipis dan produksi air liur pada usia lanjut akan berkurang dengan sendirinya
  • Ruti mengkonsumsi obat obatan herbal yang mengandung gula selain itu vitamin dan supelmen yang mengandung gula.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis dan minuman bersoda
  • Kurang memperhatikan kesehatan gigi dan jarang menggosok gigi terutama setelah makan 
  • Tidak menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride untuk membersihkan gigi


Cara menghindari gigi bolong dan bau alami


1.Menyikat gigi secara rutin

Menjaga kebersihan gigi dan menggosok gigi secara rutin ini dapat membantu menghindari gigi anda berlubang dan bau jika tidak digosok bakteri pada rongga mulut akan berkembang.


2.Menggosok lidah

Selain gigi lidah juga adalah organ yang ada di dalam mulut jika tidak di perhatikan kebersihanya akan menyebabkan bau pada mulut karena sisa kecil makanan yang di biarkan di lidah lama kelamaan akan menumpuk dan menjadi sarang bakteri.


3.Mengonsumsi lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi bolong dan bau.caranya, peras satu buah lemun kedalam air hangat.


4.Garam

Garam memiliki kandungan natrium,yodium,fasfor,cholor,zinc,magnesium,sodium. Sodium yang tinggi terkandung dalam garam bisa membasmi bakteri dan menjadi antiseftik alami yang bisa menjaga kesehatan mulut. selain untuk gigi bolong dan bau Memutihkan Gigi Dengan Garam juga bisa anda lakukan dengan mudah. Caranya masukan 2 sendok makan garam kedalam air hangat dan gunakan setelah menggosok gigi untuk berkumur.


5.Apel

Dengan mengunyah atau menggigit apel setiap hari ini akan membantu menghilangkan plak pada gigi yang bisa merusa gigi selain mengurangi plak pada gigi manfaat apel juga dapat merangsang produksi air liur.


6.Hindari makanan manis

Maknanan manis sangat di sukai oleh bakteri yang ada di dalam mulut,bakteri yang ada di mulut biasanya akan merusak ketika makanan manis menempel pada gigi ,kemudian bakteri tersebut akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan permukaan gigi Anda.


Cara mengobati gigi bolong dan bau di dokter



Jika cara alami sudah tidak bisa menyembuhkan gigi bolong Anda, pergi kedokter gigi adalah alternatif cepat yang bisa Anda lakuka. Sebelum melakukan tidakan pengobatan sebaiknya Anda konsultasikan masalah gigi Anda karena banyak sekali penyebab gigi berlubang dan cara mengatasi nya dengan tindakan yang berbeda.


Cabut gigi 

Jika gigi yang bolong sudah kehilangan hampir seluruh strukturnya dan  tidak dapat dilakukan perawatan saluran lagi, jalan satu satunya agar gigi dan gusi Anda tidak sakit maka mencabut gigi adalah pilihan yang tepat. Sebab jika tidak di cabut akan menimbulkan nyeri bengkak dan bau pada mulut.


Tambal gigi

Jika gigi Anda hanya terdapat lubang yang kecil dan struktur gigi masi utuh maka dengan menambal gigi adalah cara yang umum untuk mengatasi gigi bolong  yang sering di lakukan. Prosudur ini dilakukan dengan menempelkan bahan khusus untuk menutupi lubang pada gigi.
Ada banyak pilihan bahan untuk melakukan tambal pada gigi yaitu :emas kuningan,porselen ,amalgam dan komposit resin.


Root canal

Root cenel merupakan prosudur untuk mengatasi pembusukan pada bagian pulpa gigi.pulpa merupakan bagian tengah gigi yang terdiri dari sel sel dan jaringan ikat.
Root canel biasanya di lakukan untuk menyelamatkan gigi yang rusak parah atau terinfeksi,prosudur ini harus di lakukan ketika lubang terlalu besar sebab jika di biarkan akan menimbul kan rasa sakit.


Gigi berlubang atau gigi bolong yang masih bisa di tambal atau di cabut


Kondisi Lubang gigi sebatas email

Kondisi ini terjadi pada bagian perusakan email gigi atau lapisan luar gigi,menurut dokter kondisi ini sangat di golongkan kondisi sakit gigi ringan karena lubang pada gigi tidak terlalu dalam dan dapat di tambal secara permanen.


Kondisi lubang gigi sebatas dentin

Pada fase ini masih bisa dapat kita tambal secara permanen dengan keterangan di bagian dentin tidak sampai ke pulpa dan mengalami kerusakan terlalu parah,jika kondisi dentin mengalami kerusakan terlalu parah maka langkah awal yang harus di lakukan adalah pengobatan terlebih dahulu.
Baca juga :


Kondisi gigi Abses

Kondisi ini adalah kondisi terparah pada fase kondisi lubang pada gigi atau sakit gigi hal yang pertama di lakukan oleh dokter adalah mebersihkan saluran akar dan menghilangkan infeksi pada gigi ,hal ini juga biasanya di imbangi dengan pembekakkan pada gusi .jika kasus yang di tangani sudah terlalu parah maka langkah akhir yang di lakukan dokter adalah mencabut gigi tersebut dengan catatan gigi yang akan di cabut sudah tersterilkan atau tidak sakit karena jika kondisi gigi yang sakit atau bolong di cabut maka hal yang terjadi adalah pendarahan.

0 Response to "Penyebab Gigi Bolong dan Bau Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak"