Latest News

Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

 Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan dan pengobatan
 Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan Dan Pengobatan


katanyadokter.com-Buah seri atau nama lainnya buah kersen, biasanya hidup di sekitaran halaman rumah. Buahnya kecil dan memiliki warna merah jika sudah masak, sedangkan daunnya sangatlah rimbun sehingga membuat siapa saja betah berlama-lama di bawah pohon seri. Buah ini memiliki banyak sekali nama diberbagai daerah seperti kersen, seri, ceri, baleci dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah seri memiliki rasa yang manis dan tekstur yang khas, jika sudah masak biasanya akan berwarna kuning dan merah, sedangkan dalamnya memiliki tekstur seperti pasir.



Daun buah seri biasanya mendatar dan helainya berbentuk simetris, bergerigi di setiap pinggir daunya dan memiliki unjung daun yang runcing. Pada umumnya buah seri di Indonesia sangat di gemari oleh anak kecil atau hewan pemakan buah-buahan seperti kelelawar dan burung. Bahkan ada Negara di benua amerika yang menjual buah seri seperti buah-buahan yang lain pada umumnya.


Walaupun buahnya kecil dan memiliki rasa yang manis, buah seri ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita. Jadi anda jangan meremehkan buah yang satu ini, walaupun kecil-kecil tapi memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat yang dimiliki buah seri, berikut ini penjelasannya.




Antibakteri

Menurut penelitian paha ahli gizi, didalam buah seri memiliki antibakteri yang sangat kuat, seperti antibakteri yang oleh para dokter yang ada di rumah sakit. Antibekteri inilah yang mampu membuat tubuh kita terhindar dari serangan penyakit.




Antioksidan

Tidak hanya antibakteri saja, buah seri ternyata memiliki antioksidan yang sangat tinggi, yang mampu memperkuat daya tahan tubuh atau imun tubuh kita. Sehingga tubuh melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan sel kanker.




Mengobati penyakit asam urat

Buah seri di Indonesia biasanya digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Karena penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang disetiap persendian, untuk mengurangi rasa sakitnya anda bisa mengonsumsi buah seri secara rutin.




Anti kanker

Selain buahnya yang banyak sekali memiliki manfaat, studi penelitian terbaru menemukan pada pohon buah seri ditemukan senyawa flavonoid yang mampu mencegah penyakit kanker.

Selain buahnya, bagian lain dari pohon seri yang bermanfaat adalah daunnya. Daun seri tidak kalah khasiatnya dengan buahnya, daunnya banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini penjelasan tentang manfaat daun seri bagi tubuh.





Antiseptik

Daun seri ternyata bisa digunakan sebagai antiseptik, yang bisa membunuh bakteri seperti mikroba, aureus, vulgaris, epidermis dan diphtheria. Sifat antiseptik ini berasal dari senyawa flavonoid, tannin dan saponin yang ada dalam daun seri. Caranya yaitu dengan meminum rebusan daun seri.





Anti inflamasi

Jika anda atau orang terdekat mengalami demam atau peradangan. Anda tidak perlu khawatir, karena dengan meminum rebusan daun buah seri dapat membantu menurunkan demam dan mengatasi peradangan.





Melindungi jantung

Manfaat yang paling besar dari daun seri adalah mampu melindungi jantung. Ekstak dari daun buah seri mampu melindungi miokardium yang dapat berdampak penurunan yang sangat signifikan dari kebocoran enzim miokardium.


Baca Juga:



Anti-tumor

Selain melindungi jantung dari penyakit, daun buah seri ternyata juga memiliki manfaat sebagai anti-tumor. Senyawa flavonoid dan tannin serta saponin yang terkandung di dalam daun buah seri dapat mencegah tumbuhnya sel tumor secara efektif.




Mengobati kram perut

Selain buah dan daunnya, bunga dari buah seri ternyata juga memiliki antiseptic yang  bermanfaat dapat mengobati kram perut. Caranya adalah dengan meminum rebusan bunga dari buah seri.




Megobati kolesterol yang tinggi

Meminum rebusan daun buah seri secara rutin setiap hari juga sangat bermanfaat, untuk orang yang menderita kolesterol yang tinggi.




Mengatasi diabetes


Selain bisa menlindungi jantung dan mengobati diabetes. Daun seri juga bisa mengatasi penyakit diabetes, sudah sejak zaman dahulu daun buah seri dipercaya dapat mengatasi gula darah yang tinggi (diabetes). Menurut para ilmuan di dalam daun buah seri mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang mampu berperan sebagai antioksidan. Sehingga mampu menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

0 Response to " Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan Dan Pengobatan"