Latest News

Kandungan Vitamin Dan Manfaat Telur Puyuh Untuk ibu Hamil

Manfaat Telur Puyuh Untuk ibu Hamil

katanyadokter.com-Jika ingin memiliki tubuh yang sehat anda wajib menjaga asupan makanan yang bergizi,sebab ibu hamil tidak lagi makan untuk dirinya sendiri melainkan untuk janin yang ada di dalam perutnya. Pada dasarnya telur puyuh menjadi salah satu makanan yang baik untuk di masukan ke dalam menu makanan ibu hamil sebab di dalam kandungan nutrisinya telur puyuh mengandung protein yang baik untuk tubuh. Selain itu nutrisi yang ada dalam telur puyuh antaralain: Vitamin A,B1,B2 ,Protein, zat besi dan potasium dalam satu butir telur. 

Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil
Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil

Satu telur puyuh memiliki lebihbanyak vitamin B2 dan zat besi di bandingkan dengan telur ayam,sehingga telur puyuh juga termasuk makanan sehat untuk ibu hamil.namun sebaik nya di konsumsi secukupnya saja sebab terdapat kandungan kolestrol yang cukup tinggi. Para ahli menyarankan agar tidak mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan, pasalnya di dalam telur puyuh terdapat 380mg kolestrol dua kali lebih banyak dari batas maksimal kebutuhan.


Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil 


1.Menjaga kesehatan mata

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada telurpuyuh ini ternyata mampu menjaga kesehatan jaringan  mata agar tetap sehat namun tidak berpengaruh pada pembentukan indra mata pada bayi yang tengah di kandung.


2.Menjaga kesehatan Kandungan

Selain manfaat buah alpukat yang di pecaya sangat baik untuk janin,Telur puyuh di percaya akan kandung kolin yang sangat tinggi, kolin adalah salah satu jenis vitamin yang berguna baik untuk asupan otak janin. Kandungan kolin yang terkandu di dalam telur puyuh sangat memiliki fungsi penting yakni menyusun memberan sel darah dalam tubuh . hal ini sangat berguna untuk mengurangi resiko bayi lahir cacat keguguran dan kematian.


3.Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Ketika ibu hamil memiliki imun yang kuat maka tidak akan mudah terserang bakteri atau virus dengan mengonsumsi makanan yg tinggi zat besi seperti telur puyuh adalah salah satu alternative untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


4.Meningkatkan Hb

Telur burung puyuh di percaya akan Kandungan Zat besi yang tinggi kandungan tersebut  dapat meningkatkan kadar homolobin dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan Hb .


5.Menurunkan risiko penyakit kangker

Dengan mengkonsumsi telur puyuh yang rutin tetapi tidak berlebihan itu bisa membuat daya tahan tubuh kita kuat sebab kandungan protein yang ada di dalamnya berperan penting menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.mengonsusmi telur puyuh pada saat hamil sangat efektif menurunkan risiko penyakit kangker sejak dini dan penuaan dini.


6.Mencegah sindrom baby blues

Pasalnya saat ibu sedang mengandung hormon akan menjadi tidak setabil dan hal ini akan membuat sindrom baby blues, dengan mengkonsumsi telur puyuh secara rutin ini sangat efektif untuk menurunkan risiko sindrom babay blus


7.Mencegah risiko penyakit jantung

Telur puyuh memiliki kandungan antioksidan yang sangat efektif membantu mencegah penyakit jantung, pasalnya penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan tertinggi di dunia sebab itu sebaiknya kita melakukan pencegahan sejak dini.


8.Menjaga kesehatan Gigi

Mempunyai gigi bolong dan bau tentu saja membuat diri tidak pd ,Di dalam kandungan telur puyuh terdapat zink yang mampu melindungi gigi dari sisa sisa makanan yang akan menyebabkan besarangnya bakteri di mulut dan menghilangkan bau mulut.Ketika mulut kita sehat makanan yang kita telan juga tentunya sehat tidak terdapat bakteri yang bisa membahayakan kandungan .


9.Detoksifikasi

Sel tubuh yang rusak yang di sebabkan oleh radikal bebas dan juga racun dari sisamakanan, dan telur puyuh ini terdapat kandungan antioksidan dan asam amino. Kedua kandungan tersebut dapat mendetoksifikasi. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh sedangkan asam amino dapat berperan untuk mengikat racun.


10.Mengatasi Alergi 

Di dalam telur puyuh terdapat kandungan ovomucoid yaitu senyawa yang mampu mengatasi alargi yang timbul. Jika telur ayam berpotensi menimbulkan alergi maka telur puyuh bisa mencegah atau mengatasi alergi karena terdapat kandungan ovomucoid yang tidak terdapat pada kandungan telur ayam ataupun telur bebek.

Baca Juga:

11.Mengatasi sembelit

Sebagian ibu hamil ada yang mengalami sembelit dengan mengkonsumsi telur puyuh ini dapat mencukupi serat sehari hari,sebab sembelit dapat di sebabkan karena kurangnya asupan serat. Selain buah dan sayur telurpuyuh juga tinggi serat. Telur puyuh mengandung segudang vitamin dan tinggi kolestrol,Kandungan Vitamin dan nutrisi yang terdapat di telur puyuh antaralain:

  • Vitamin A 5,5 % dari nilai harian (DV)
  • Vitamin B2 atau Riboflavin 23% dari nilai (DV)
  • Asam pantotenat atau vitamin B5 9% dari nilai DV
  • Vitamin B9 atau folat  8% dari nilai DV
  • Vitamin B12 9% dari nilai DV


Sedikit dari Vitamin B seperti B1 Thiamin ,b3 Niacin,b6 dan vitamin E juga terdapat di dalam telur puyuh.di setiap beberapa telur puyuh juga terdapat Mineral seperti

  • Zat besi terdapat 10% dari nilai DV
  • Selenium  terdapat 23% dari nilai DV
  • Fosfor terdapat 12,5% dari nilai DV



0 Response to "Kandungan Vitamin Dan Manfaat Telur Puyuh Untuk ibu Hamil"