Latest News

Ciri Ciri Penyakit Liver Kronis Yang Sudah Parah Dan Cara Mengobatinya

Ciri Ciri Penyakit Liver Kronis Yang Sudah Parah Dan Cara Mengobatinya 


katanyadokter.com-Ciri Ciri Penyakit Liver Kronis Yang Sudah Parah Dan Cara Mengobatinya-Penyakit liver merupakan penyakit yang menyerang sistem organ hati, yang membuat hati manusia menjadi rusak dan kehilangan fungsinya secara bertahap, dalam keadaan ini dapat menjadikan hati tidak dapat bekerja sama sekali atau yang sering disebut dengan gagal hati. Fungsi kerja hati sendiri bagi tubuh, dapat membantu proses pembentukan empedu dan mengeluarkanya, mencegah pemekuan dalam darah, membantu proses pembentukan protein, kolestrol, metabolisme lemak, zat besi dan juga glukosa.

Ciri Ciri Penyakit Liver Kronis Yang Sudah Parah Dan Cara Mengobatinya
Ciri Ciri Penyakit Liver Kronis Yang Sudah Parah Dan Cara Mengobatinya 


Terjadinya penyakit hati atau liver mulanya disebabkan oleh virus, baik virus hepatitis A,B maupun C. atau disebabkan karna faktor lain seperti faktor keturunan, misalnya anda mengalami penyakit liver bisa saja bawaan dari orang tua yang sebelumnya sudah mempunyai riwayat penyakit liver. Penyakit ini harus ditangani dan diatasi dengan cepat dan sigap karna apabila dibiarkan akan membuatnya semakin parah dan naik ke level atas yang bisa menyebabkan kematian.



Ciri Ciri Penyakit Liver


1. Kejang : pada penderita penyakit liver dapat dikenali dengan gejala gejalanya seperti penderita akan mengalami kejang kejang.

2. Gangguan pada tubuh dan kepala : ciri ciri orang terkena liver yang parah akan merasakan tubuh menjadi mudah lemah dan letih disertai sakit kepala yang bersamaan dengan munculnya gangguan depresi.

3. Menurunya nafsu makan dan berat badan : ciri penyakit liver akan membuat penderitanya menjadi kurang akan nafsu makan sehingga berat badan akan terus berkurang.

4. Mulut dan bau badan : aktivitas yang menurun serta efek yang ditimbulkan pada kerusakan hati akan membuat badan dan mulut menjadi bau dan tidak segar. Ini adalah salah satu ciri dari penyakit liver yang kronis

5. Mengalami gangguan pada buang air kecil : perubahan pada urine pun terjadi pada penderita penyakit liver, dimana warna fases maupun urine akan berubah menjadi pekat dari pada sebelumnya.

6. Pembengkakan Pada perut : pada penyakit liver yang sudah parah, pengidapnya akan mengalami pembengkakan perut seperti wanita hamil, bahkan untuk beberapa kasus yang sering tejadi, perut dapat membesar hingga 2 kali lipat dari perut ibu hamil.

7. Tubuh mengalami memar : Pengidap penyakit liver yang sudah parah akan membuatnya menjadi mudah memar , seperti dibagian tubuh tertentu berwarna ungu kr biru biruan.

8. Terjadinya ginekomastia : ini dapat terjadi pada pria pengidap liver dikarnakan hormon seks dalam tubuh tidak seimbang

9. Mengalami gatal-gatal : penderita akan sering mengalami gatal gatal, diakibatkan karna adanya deposit garam empedu di sekitar kulit.

10. Merasakan kebingungan : rasa bingung dan lesu ini ditimbulkan pada penderita liver dikarnakan kadar amonia dalam darah mengalami peningkatan yang tidak dapat dibersihkan oleh hati, karna hati kehilangan fungsi kerjanya.



Orang Yang Berisiko Terkena Penyakit Hati



  • Melakukan suntik jarum bersamaan dengan orang lain
  • Penggunaan alkohol dalam jumlah banyak
  • Memiliki obesitas
  • Kadar trigliserida dalam darah mengalami peningkatan
  • Melakukan hubungan seks tanpa pengaman seperti kondom
  • Melakukan tranfusi darah sebelum tahun 1992
  • Memiliki penyakit diabetes
  • Memiliki tato atau tindikan
  • Terkena darah atau cairan dari tubuh orang lain





Macam-Macam Penyakit Liver Dan Penyebabnya


1. Sirosis Hati : Penyakit sirosis hati dapat terjadi dikarnakan sebelumnya pengidap memiliki penyakit hepatitis yang sudah parah. Ditambah dengan mengonsumsi alkohol, makanan yang tidak sehat serta virus dapat memperparah keadaan, yakni empedu menjadi tersumbat.

2. Penyakit Hepatitis : Penyakit hepatitis menyerang organ hati manusia, ia dibedakan menjadi beberapa jenis seperti hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan juga hepatitis E. Menurut beberapa penelitian dari berbagai jenis penyakit hepatitis, yang merupkakan hepatitis ganas adalah jenis hepatitis B, karna hepatitis B ini lama kelamaan akan berkembang keseluruh tubuh yang dapat memicu terjadinya kanker hati dan sirosis.

3. Hepatitis Toksik :Penyakit ini akan merusak sistem jaringan hati, yang disebabkan tubuh terkena bahan kimia yang beracun. Racun tersebut dapat masuk kedalam tubuh seperti mengonsumsi obat obatan, supelmen makanan, dan juga zat zat kimia lainya yang tanpa kita sadari akan kandunganya. Bagi pengidap hepatitis toksik dalam tingkat rendah, gejalanya akan sulit untuk dilihat dan dirasakan. Namun jika kondisi nya semakin parah, hepatitis toksik ini akan menyebar luas hingga memicu terjadinya komplikasi seperti penyakit gagal hati, sirosis dan kerusakan jaringan hati permanen. Adapun jenis jenis obat yang dapat menyebabkan terjadinya hepatitis toksik seperti amoxicillin, phenytoin, paracetamol, fenofibrate, isoniazid, dan diclofenac.

4. Kanker Hati : Penyakit ini bisa disebabkan karna faktor yang sama yaitu pengidap memiliki penyakit hepatitis. Jenis kanker hati yang biasa kita ketahui dalah HCC atau hepaticular cacinoma.

5. Penyakit Liver Yang Diturunkan : Penyakit ini dapat terjadi dikarnakan adanya masalah pada genetik yang membuat sistem kerja hati menjadi terganggu. Penyakit liver yang diturunkan terbagi menjadi 2 bagian yaitu hemokromatosis dan juga defisiensi alfa-1 .

6. Penyakit Liver Kolestatis : Saluran empedu yang tersumbat akan mengakibatkan penyakit liver kolestatis terjadi. Jika saluran empedu terganggu akan membuat kandungan blirubin dalam darah menjadi menumpuk. 

7. Perlemakan Hati : Penderita obesitas akan rentan sekali mengalami perlemakan hati, Karna penyakit ini akan membuat sel sel di dalam hati dapat mengandung lemak. Ini terjadi karna tubuh memiliki lemak yang tinggi sehingga menyebar sampai kebagian sel sel dalam tubuh.



Cara Mengobati Liver Kronis 


1. Sambiloto

Tumbuhan sambiloto dapat tumbuh di daerah tropis , banyak orang yang memanfaatkan tumbuhan ini untuk berbagai macam keperluan sehari hari. Kandungan senyawa andrographolide pada daun sambiloto membuatnya menjadi terasa amat pahit, namun disamping itu justru ia memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan organ hati. 

Menurut beberapa penilitian kandungan senyawa andrographolide akan membantu tubuh melindungi hati dari berbagai dampak negatif parasetamol dan glaktosamin. Tidak hanya itu saja,  senyawa tersebut dapat menurunkan enzim, terutama enzim CDK4 yang akan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Mengonsumsi ramuan daun sambiloto sangat efektif untuk penyembuhan penyakit lainya, seperti diare, diabetes, HIV, malaria, hepatitis dan jantung.

2. Temulawak

Temulawak memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, dan  minyak atsiri. Di dalam kandungan minyak atsiri ini terbagi lagi menjadi 4 kandungan yakni glukosida, kamfer, turmerol, dan juga kurkumin. Kandungan kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan juga anti-hepototoksik. Berikut adalah manfaat dari temulawak untuk kesehatan
  • membersihkan darah
  • meningkatkan nafsu makan
  • melancarkan ASI 
  • mencegah penyakit hati
  • dapat menurunkan kadar kolestrol
  • mampu mengatasi nyeri sendi

Berikut adalah cara membuat ramuan temulawak sebagai bahan dasar alami nya :
  • siapkan beberapa rimpang temulawak yang sudah bersih
  • potong temulawak dan jemur dibawah sinar matahari
  • setelah temulawak kering, lalu rebus dengan menambahkan sedikit gula untuk pemanisnya
  • setelah air mendidih angkat dan dinginkan. 
  • meminum ramuan ini secara teratur maka penyakit liver akan segera pulih dengan cepat.


Baca Juga : 



3. Pegagan

Anda dapat menemukan tanaman pegagan dengan mudah, pasalnya tanaman ini biasa hidup di pinggir jalan, perkebunan, ladang maupun di pematang sawah. Tumbuhan yang bernama ilmiah centella asiatica ini berasal dari wilayah bagian tropis asia. Sejak jaman dahulu pemanfaatan daun pegagan sudah banyak digunakan sebagai obat tradisiona. Dipercaya khasiat daun pegagan dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti, liver, gangguan syaraf, hepatitis, melancarkan peredaran darah, dan mengobati penyakit kulit.

Kandungan dalam pegagan : brahmic acid, zat besi, vellarine, thankuniside, centelloside, brahmoside, asiaticoside, kalsium, tani, hydrocotylin, natrium, carotenoids, magnesium dan masih banyak lainya.

Manfaat pegagan untuk kesehatan :
  • dapat menghilankan jerawat serta memuluskan kulit wajah
  • mencegah stres dan menurunkan gejala depresi
  • dapat menghentikan pendarahan
  • memperkuat ingatan 
  • memiliki sifat dieuretik atau peluruh kencing
  • mengatasi sariawan dan juga panas dalam
  • mencegah varises
  • mampu meningkatkan stamina tubuh seseorang
  • membantu melancarkan predaran darah
  • sebagai pembersih darah alami.

Cara membuat ramuan alami dari daun pegagan :
  • siapkan 15 lembar daun pegagan
  • cuci hingga bersih dan rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas
  • setelah mendidih, diamkan hingga menjadi hangat
  • lalu minum selagi hangat, anda dapat menambahkan madu sebagai pemanisnya 
  • meminum ramuan tersebut secara rutin akan membantu untuk mengatasi penyakit liver dengan cepat dan mudah.


4. sirih Merah 

Kebanyakan orang menanam sirih merah untuk dimanfaatkan daunya sebagai obat tradisional. Tumbuhan yang bernama ilmiah piper ornatum ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit terutama liver. Di dalam kandungan sirih merah akan mampu melawan dan membasmi bakteri,  virus dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada hati manusia. Berikut adalah cara membuat ramun untuk mengobati sakit liver secara alami:
  • ambil 5 sampai 10 lembar daun sirih merah
  • cuci hingga bersih lalu rebus dengan air
  • setelah air mendidih, dinginkan dan saring, anda dapat menambahkan madu sebagai pemanisnya
  • minum ramuan tersebut secara rutin agar khasiatnya cepat terasa oleh tubuh.


5. Buah Malaka

Buah malaka kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Selain itu kandungan serat nya akan membantu tubuh memperlancar sistem pencernaan dan dapat membersihkan usus. Bagi anda yang memiliki penyakit liver, baik sekali untuk mengonsumsi sari pati pada buah malaka, kandungan di dalam buah malaka akan membantu tubuh melawan bakteri dan virus yang menyebabkan hati menjadi terinfeksi. Berikut adalah cara membuat ramuan alami dari buah malaka untuk mengatasi sakit liver :
  • siapkan buah malaka secukupnya, cuci hingga bersih
  • potong potong menjadi beberapa bagian
  • anda dapat menghaluskanya baik dengan memblendernya atau memarutnya
  • setelah itu saring antara ampas dan saripatinya
  • minum saripati tersebut secara rutin dan teratur agar sakit liver dapat diatasi dengan mudah dan cepat.


0 Response to "Ciri Ciri Penyakit Liver Kronis Yang Sudah Parah Dan Cara Mengobatinya "