Latest News

Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif Dan Dianjurkan

Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif Dan Dianjurkan


katanyadokter.com-Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif Dan Dianjurkan-Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang sistem persendian manusia, dimana sendi mengalami peradangan yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat. Penumpukan kristal ini bisa saja terjadi dikarnakan intake dalam tubuh berlebih atau bisa juga adanya hambatan pengeluaran yang terganggu. Di indonesia sendiri penyakit asam urat terbilang cukup tinggi pengidapnya, salah satu faktor yang membuat nya tinggi karna banyak masyarakat yang tidak memperhatikan kandungan gizi makanan dan minuman yang dikonsumsinya. 
Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif Dan Dianjurkan
Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif Dan Dianjurkan



Pada penderita penyakit asam urat akan merasakan nyeri dan ngilu di bagian sendi terutama di bagian jempol kaki, terlebih dengan cuaca yang dingin bisa memicu sendi untuk merasakan nyeri yang semakin terasa. Rasa sakit ini akan terus terasa hingga 3 sampai 10 hari kedepanya, dan bisa menimbulkan pembengkakan yang disertai dengan memerahnya warna kulit. Penyakit asam urat paling rentan dialami oleh kaum pria dibandingkan dengan wanita, apalagi setelah menopause dapat berisko terkena penyakit asam urat ini.


Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif


1. Pisang

Siapa yang tak kenal buah yang satu ini, ya pisang merupakan buah dengan sumber karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidrat nya berupa zat tepung sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja kandungan lainya seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B1 dan mineral juga penting untuk tubuh. Bagi penderita asam urat sangat cocok sekali mengonsumsi buah pisang, karna kandungan potasium, serat dan vitamin C berfungsi untuk mengatur kadar asam urat dalam tubuh. 

2. Ceri

Buah ceri merupakan sejenis tanaman perdu yang memilik bentuk buah yang bulat kecil dan berwarna merah segar. Buah ceri memiliki banyak kandungan seperti lemak, protein, air, serat, karbohidrat, besi, fosfor, kalsium, tianin, vitamin C dan karoten. Buah ini dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dikarnakan ia memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang bekerja sebagai antioksidan. Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi asam urat saja, buah ceri ini juga dapat mengatasi penyakit lain seperti diabetes mellitus dan darah tinggi atau hipertensi.

3. Cuka Apel

Pemanfaatan cuka apel paling banyak digunakan sebagai campuran untuk makanan dan juga perawatan kecantikan untuk wanita. Tapi kali ini cuka apel bermanfaat untuk kesehatan yakni dapat mengatasi penyakit diabetes dan asam urat. Seperti kita ketahui penyakit asam urat terbentuk dari  senyawa purin yang mengendap di tubuh, kandungan kalium yang terdapat di dalam cuka apel akan membantu tubuh memecahkan senyawa purin tersebut sehingga akan menghamabat terbentuknya asam urat. Disarankan pada saat mengonsumsinya tambahkan sedikit air agar rasa asamnya dapat berkurang.

4. Sirsak 

Buah sirsak juga bermanfaat untuk menurunkan asam urat di dalam tubuh. Sifatnya sebagai antioksidan mampu menghambat terbentuknya asam urat berlebih dalam tubuh. Rasa nyeri dan ngilu yang disebabkan oleh asam urat dapat dihilangkan dengan mengonsumsi sirsak berkat kandunganya yang bersifat analgetik. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau di jus terlebih dahulu.

5. Jus Buah Semangka

Bagi anda yang sedang menjalani program diet dapat mengonsumsi buah semangka sebagai menu harian anda, dikarnakan buah semangka tidak memiliki kandungan lemak sehingga saat dikonsumsi pun tidak membuat tubuh mejadi gemuk. Sedangkan kandungan kalium dan air yang terdapat di dalam buah semangka bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi. Menurut penelitian mengonsumsi jus buah semangka efektif dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh, sangat baik sekali dikonsumsi untuk penderita penyakit asam urat.

6. Kacang Panjang Prancis

Makanan selanjutnya yang dapat menurunkan asam urat adalah kacang panjang prancis. Tanaman kacang panjang prancis dapat hidup di tanah yang gembur, kebanyakan orang menggunakanya sebagai tambahan sayuran untuk makanan. Kandungan penting seperti riboflavin, kalium, rendah purin, magnesium dan vitamin C nya dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

7. Lemon

Buah yang berasa asam menyegarkan ini bermanfaat sekali untuk mengatasi penyakit asam urat. Mengonsumsi jus buah lemon setiap hari dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anda, karna lemon mengandung setidaknya 19mg vitamin C sekitar 30% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan setiap harinya.

8. Apel

Buah ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dikarnakan ia memiliki kandungan purin yang sedikit sehingga cocok untuk penderita penyakit asam urat. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C nya berguna untuk mengatur kadar asam urat dalam tubuh sehingga membuatnya tetap stabil.

9. Strawberry

Buah strawberry merupakan buah yang paling banyak digemari, dari anak anak hingga orang dewasa akan suka dengan rasanya yang manis keasaman ini. Mengonsumsi strawberry bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dikarnakan strawberry memiliki senyawa yang bernama flavanoid. Senyawa ini bersifat antioksidan yang mampu menghambat enzim xanthin oksidase untuk memproduksi secara berlebih sehingga secara tidak langsung kadar asam urat akan berkurang.

10. Bawang Putih

Bawang putih banyak dimanfaatkan sebagai bahan bumbu untuk masakan. Namun ia juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam urat. Kandungan seperti belerang, saltvine, lemak, kalsium, protein, vitamin A, besi, fosfor, vitamin B dan vitamin C sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki bau yang tidak sedap anda harus dapat mengonsumsinya karna bawang putih akan bekerja untuk mengurangi kadar purin dalam tubuh sehingga dapat memicu kadar asam urat menjadi menurun juga. Rasa nyeri dan kesemutan yang disebabkan oleh asam urat ini juga dapat berkurang hanya dengan mengonsumsi bawang outih minimal 2 siung setiap harinya.

11. Buah Delima

Buah selanjutnya yang dapat anda konsumsi untuk mengurangi asam urat adalah buah delima. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah delima bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, ia juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh berkat antioksidanya.

12. Seduhan Seledri

Tanaman selderi merupakan tanaman obat, di teliti bahwa tanaman seledri memiliki kandungan flavanoid dan juga 3-n butylphtalide (3nb), kandungan ini dipercaya mampu menghambat  kadar asam urat untuk terbentuk sehingga baik sekali dikonsumsi untuk orang pengidap penyakit asam urat. Cukup dengan mengonsumsinya dengan cara menyeduh daun seledri setiap hari maka kadar asam urat dalam tubuh dapat menurun.

Baca Juga : 



13. Teh Hijau

Teh hijau sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu dan dijadikan sebagai obat herbal karna khasiatnya yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya dapat mengatasi penyakit asam urat, kandungan antioksidan di dalam teh hijau mampu menghambat pembentukan kadar asam urat di dalam tubuh. Sudah dilakukan penelitian oleh jatuwarapruk bahwa dengan mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kadar asam urat bagi penderitanya yang baru mengalami sakit selama 2 minggu.

14. Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau yang bernama ilmiahnya Citrus aurantium banyak digunakan oleh orang sebagai bahan pelengkap untuk masakan atau dijadikan sebagai bahan untuk obat herbal. Di cina buah nipis biasa disebut dengan zhi zhi. Jeruk nipis memiliki banyak kandungan seperti lemak, asam amino, asam sitrat, fosfor, zat besi, kalsium, vitamin C, belerang, dan juga vitamin B1. Mengonsumsi jeruk nipis dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh  berkat kandungan zeaxantin, beta-kriptoxantin, dan karetinoidnya. Tidak hanya itu kandungan flavonoidnya akan bekerja untuk menghambat enzim xantin oksidase agar tidak dapat memproduksi kadar asam urat yang berlebih. 

15. Buah Naga

Tanaman buah naga bisa digolongkan sebagai jenis tanaman yang memanjat. Buah naga memiliki kadar air yang cukup tinggi serta memiliki biji kecil yang berwarna hitam. Untuk mengonsumsinya biji ini dapat langsung dimakan karna bijinya yang terlalu banyak berada di dagingnya akan sulit jika disisihkan terlebih dahulu. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga bermanfaat untuk membantu tubuh menurunkan kadar asam urat. Konsumsi baik dimakan secara langsung atau di buat jus tidak akan merubah manfaat kandungan di dalamnya.

16. Wortel

Manfaat dari wortel yang terkenal adalah kandungan vitamin A nya yang dapat menyehatkan mata, tidak hanya itu saja mengonsumsi wortel membantu tubuh mencegah terjadinya kanker, mampu mengatasi sembelit dan menurunkan asam urat. Kandungan purin yang terdapat di dalam wortel ini lah yang akan membantu menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh.

17. Tomat

Tomat adalah sayuran yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Bagi anda yang memilki penyakit asam urat sangat baik sekali untuk mengonsumsi tomat sebagai obatnya. Dikarnakan kandungan purin di dalam tomat terbilang cukup rendah sehingga secara tidak langsung kandunganya mampu mengurangi penumpukan kristal asam urat yang berada di persendian. 

0 Response to "Makanan Penurun Asam Urat Yang Terbukti Efektif Dan Dianjurkan"