Latest News

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat


katanyadokter.com-Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat-Kurangnya berolahraga membuat tubuh menjadi kurang bekerja sehingga fungsi organ di dalam tubuh menjadi lemah atau nyeri di bagian tertentu. Seperti sakit punggung, baik punggung sebelah kanan maupun kiri akan terasa nyeri, jika punggung terasa sangat nyeri anda mungkun langsung bergegas untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Nyeri pada bagian punggung dapat terjadi dikarnakan tubuh melakukan aktivitas yang terlalu berat sehingga membuat otot tegang hingga mengalami cedera osteoarthitis.

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat
Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat

Rasa sakit di punggung tentu berbeda beda baik setiap individu atau kurun waktu saat kambuh. Biasanya bagi pengidap akan merasakan punggung bisa menjadi kesmutan, rasa yang teramat perih, punggung nyeri seperti ditusuk tusuk atau sakit yang dapat menjalar dari bagian punggung sampai ke bagian bokong, paha hingga sampai kebagian kaki. Rasa sakit dipunggung akan terasa sangat kuat namun efeknya hanya sebentar saja, lain lagi jika rasa sakit di punggung tidak terlalu intensif  maka efeknya dapat dirasakan sampai berminggu-minggu atau bahkan bisa sampai berbulan-bulan.



Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri


1. Sciatica

Sciatica merupakan rasa nyeri yang disebabkan oleh sistem syaraf yang rusak atau biasa juga keadaan syaraf di bagian tertentu yang terjepit/terhimpit. Rasa nyeri dari sciatica ini akan dirasakan di sepanjang jalur syarafnya, yakni syaraf skiatik. Syaraf skiatik memiliki cabang yang berada di bagian punggung bawah lalu melewati pinggul sampai kebagian kaki. 

Gejala nyeri sciatica akan membuat pengidapnya menjadi mati rasa, kesmutana, otot menjadi lemah dan rasa sakit yang membuat pengidapnya menjadi tidak nyaman. Apabila tubuh mengalami batuk, flu dan duduk terlalu lama, tidak heran jika nyeri sciatica ini akan menjadi semakin memnuruk

2. Sakit punggung Akut

Pada jenis penyakit ini penderitanya akan merasakan sakit, namun dalam jangka waktu yang pendek. Penyebabnya paling sering dikarnakan adanya cidera di bagian punggung. Tidak hanya itu saja penyakit arthritis ini juga dapat memicu terjadinya penyakit punggung akut. Untuk gejala yang ditimbulkan, bisa dirasakan sekitar beberapa hari sampai beberapa bulan.

3.Sakit punggung bagian Atas Dan Tengah

Di dalam tubuh tepatnya di bagian atas dan tengah memiliki tulang belakang sebanyak 12 buah tulang. Pada bagian tulang ini akan menempel di bagian tulang rusuk yang berada di dalam tubuh, yang membentuk kerangka terpanjang dari bagian punggung. Alasan pertama penyebab penyakit ini dikarnakan keadaan tubuh yang sering membungkuk, terlalu sering melakukan aktivitas yang berat, cedera ligamen, cidera otot, mengalami patah tulang dan masih banyak lagi. 

Gejala yang dirasakan pada pingadapnya akan merasakan sakit, rasa sakit seperti ditusuk-tusuk, merasakan nyeri seperti terbakar, lemah pada bagian lengan, mengalami mati rasa dan lain-lain. pada awalnya jika sakit terasa di bagian atas dan kanan, maka lama kelamaan akan merasakan sakit yang menjalar kebagian kiri punggung, dikarnakan pada bagian bagian tersebut masih tersambung oleh sistem syaraf.

4. Punggung Tegang Dan Keselo

Terjadinya punggung tegang dan juga keselo bisa mempengaruhi semua bagian tubuh manapun terutama punggung, Bagi pengidapnya akan merasakan sakit pada bagian punggung sebelah kiri, bagian kanan, bagian atas serta bagian punggung bawah. Pada saat sakit ini kambuh jika tubuh sedikit bergerak sapat menyebabkan keadaan penyakit ini semakin memburuk. gejala yang ditimbulkan berupa kram pada otot, sulit beraktivitas seperti berjalan, berdiri atau membungkuk.



Cara Mengatasi sakit Punggung Sebelah Kiri Dengan Cepat


1. Obat Penghilang Rasa sakit

Bagi anda yang mengalami rasa sakit di bagian punggung sebelah kiri tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, agar sakit punggung yang ditimbulkan tidak membuat sakit yang teramat panjang. untuk membelinya disarankan membeli di apotek yang jalas jangan membeli di sembarang tempat supaya obat yang dibeli terjamin akan kualitas dan aman tuntuk digunakan. Contoh dari obat penghilang rasa sakit seperi obat anti-inflamasi non streoid dan juga paracetamol.

2. Beristirahat Yang Cukup

Akativitas yang terlalu berat dan berlebihan dapat memicu sakit di bagian punggung. Selain menggunakan cara-cara yang dapat mengatasinya, anda juga dapat menggunakan cara yang sangat mudah dan efektif yakni dengan tidur atau beristirahat secukupnya. Kasiatnya akan membuat otot yang keram menjadi santai, dan syaraf syaraf yang tegang menjadi rileks kembali setelah beraktivitas yang membuat semua sistem organ ikut bekerja.   

3. Mengompres Dengan Air Hangat

Rasa sakit di bagian punggung sebelah kiri atau dibagian lainya, anda dapat mengatasinya dengan cara mengompresnya. Lebih baik saat mengompresnya menggunakan air hangat, selain nyaman saat digunakan khasiat dari mengompres ini akan mengurangi rasa kaku di bagian punggung yang akan membuatnya merelaksasi otot agar tidak teggang. 

Sedangkan anda ingin mengompresnya menggunakan air dingin juga sama-sama berkhasiat agar dapat mengatasi peradangan yang mungkin terjadi dibagian yang sakir seperti punggung sebelah kiri. Gunakan cara tersebut jika sakit punggung kambuh atau sakit.

4. Berolahraga

Kurangnya berolahraga akan membuat otot dan syaraf di bagian punggung dan sekitarnya menjadi berkurang untuk fungsinya. Oleh karna itu, dengan berolahraga minimal seminggu sekali akan membuat semua sistem organ bekerja aktif kembali, seperti kita ketahui jika tubuh yang terlalu diam atau tidak sering bekerja dan beraktivitas secara aktif tentunya akan mebuat tubuh mejadi lemah, tidak fit dan tubuh tidak bugar. 

5. Menggunakan Jahe

Jahe yang bernama ilmiah nya zingiber officinale, merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional dan juga sebagai bahan olahan untuk masakan. Tanaman jahe mimiliki rimpang yang berbentuk jemari menggembung serta memiliki ruas di bagian tengah. 

Rasa yang pedas dalam jahe ini dikarnakan jahe memiliki kandungan senyawa katon yang bernaman zingeron. Jahe ini masih berkelurga dengan temulawakan. Seperti yang sudh dijalaskan bahwa jahe dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional, ai juga mamou untuk mengatasi sakit  punggung di bagian kiri dengan cepat. Berikut cara pembuatanya :
  • Siapkan alkohol secukupnya
  • ambil beberapa rimpang jahe lalu iris tipis-tipis
  • siapkan juga cabai secukupnya yang sudah bersih
  • cammpurkan ketiga bahan tersebut dala wadah, lalu anda diamkan selama 2 minggu. Cara ini kita gunakan seperti fermentasi
  • setelah 2 minggu, anda dapat mengoleskan ramuan tersebut ke bagian punggung seblah kiri sambil diurut secara perlahan
  • jika anda rutin untuk menggunakan cara ini, maka sakit dipunggung akan mengurang dan berangsur-angsur pulih kembali.


Baca Juga :



6. Daun mahkota Dewa

Tak banyak yang mengetahi bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat dari daun mahkota dewa, kandunganya selain dapat mecegah sel sel kanker dalam tubuh ia juga dapat mengurangi serta mengatasi sakit punggung yang berlebih di bagian kiri. Untuk itu simak lebih lanjut untuk membuat perawatanya menggunakan daun mahkota dewa sebagai bahan alaminya :
  • siapkan 5 sampai dengan 10 helai daun mahkota dewa
  • siapkan bahan lainya juga seperti temu hitam, jahe, dan akar sawi langit secukupnya
  • rebus semua bahan dengan mencampurkan 4 gelas air. rebus hingga air menjadi setengahnya
  • lalu anda dapat meminum ramuan tersebut secara rutin, sehari 2 gelas dengan takaran 1 gelas setiap pengonsumsianya.


7. Bawang Merah

Bawang merang paling banyak digunakan untuj dijadikan sebagai bumbu dalam maskan, sayuran yang bernama ilmiah allium cepa var ascalonicum ini berasal dari negara pakistan dan iran. Ia  memiliki aroma yang sangat menyengat, namun tidak mengubah khasiat yang ditimbulkan. 

Manfaat dari bawang merah ini dapat mengurangi serta mengatasi sakit di bagian punggung sebelah kiri. Berikut cara mengatasi nya menggunakan bawah merah sebagai bahan alaminya :
  • siapkan 3 siung bawang merah dan juga 2 siung jahe
  • haluskan kedua bahan tersebut dengan cara memarutnya
  • setelah semua menjadi halus, campurkan bahan lainya seperti minya zaitun
  • anda dapat mengoleskan bahan tersebut ke bagian yang sakit terutama bagian punggung sebelah kiri, lakukan sambil dipijat secara perlahan
  • melakukan cara ini secara rutin setiap hari, maka kandungan dari bawang merah akan menyerap yang membuat rasa sakit mengurang dang menghilang sengan sendirinya.

0 Response to "Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat"